Tuesday, August 2, 2011

Biasakan Berkata Kebenaran

Banyak cara dapat dilakukan untuk mengajarkan kejujuran pada anak-anak, selaim dengan melaksanakan puasa juga ditambah dengan perilaku lainnya yaitu :
  • Mendorong anak berkata kebenaran dan memberitahukan kepada Anda, apa yang ada dalam pikiran mereka. Tanyalah bagaimana perasaannya. Beritahukan bahwa Anda tidak akan marah meskipun dia berkata yang benar. Strategi ini akan mengajarkan pada anak bahwa mereka dapat berkata jujur, tanpa risiko akan dimarahi.
  • Menghindari konfrontasi yang membuat anak-anak ingin berbohong untuk menghindari masalah. 
  • Hindari konfrontasi langsung ketika Anda bertanya kepadanya pertanyaan yang anda telah tahu jawabannya. Jangan membuat anak Anda berada dalam situasi dimana mereka akan berpikir berbohong akan lebih gampang dibandingkan dengan berkata jujur.
  • Terpenting untuk mengajarkan kejujuran adalah Anda harus jujur ! Jangan pernah berbohong pada anak Anda. Jadilah contoh. Ketika Anda berbohong pada anak, mereka berpikir berbohong itu adalah suatu kewajaran. Tetapi di sisi lain, ketika anak berbohong, Anda akan marah. Anda tidak boleh menggunakan standard ganda. (dea/berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

Blogger Banua

Blogger banua